Hati-Hati Minum Air Putih Menjadi Tidak Sehat Karena 5 Hal ini

Baca Juga:



Minum air putih itu menyehatkan hampir semua orang tahu itu. Namun bukan berarti anda dapat minum sembarangan air putih karena ternyata ada beberapa hal yang membuat manfaat sehat air putih menjadi hilang.

Dikutip dari Huffington Post, Kamis (17/10/2013), berikut ini lima hal yang sering kita lakukan baik sengaja maupun tidak bisa merusak manfaat sehat dari air putih:


1. Minum Air Terlalu Banyak

Ketika cuaca sedang panas-panasnya seperti sekarang maka cenderung arang minum air sebanyak-banyaknya. Hal ini ternyata tidak baik. Masalah yang ditimbulkan oleh over minum ini disebut hiponatremia. Hal ini bisa menyebabkan  menyebabkan sel-sel membengkak karena kadar natrium dalam tubuh sangat rendah.

Umumnya, pelari maratonlah yang rawann mengalami hiponatremia. Kalau tidak segera dicegah, seseorang bisa mengalami kejang dan koma. Jadi sebaiknya minumlah air secukupnya ketika tubuh kita memerlukannya.

2. Menggunakan Botol Air dari Plastik
Beberapa botol air plastik ternyata terdapat bahan kimia yang umumnya disebut BPA. Menurut penelitian, BPA bisa menimbulkan risiko kesehatan terutama bagi anak-anak dan bayi karena bisa larut di dalam makanan dan minuman. Anda harus mewaspadai hal ini meskipun sudah banyak botol bebas BPA yang beredar dipasaran karena karena bisa saja ada bahan kimia lain yang meresap ke botol saat air terkena sinar matahari, mesin pencuci piring, atau ketika dipanaskan di microwave.

3. Botol Air Minun yang tidak dicuci

Menurut laporan San Francisco Chronicle biasanya orang cenderung menggunakan botol minum yang terbuat dari stainless steel atau plastik yang aman dan bisa digunakan berulang kali. Namun seringkali kebersihan kurang dijaga. Wadah yang dipakai berulang-kali harus sering dicuci karena bakteri senang bersarang di tempat yang hangat dan basah. Caranya mudah, cukup cuci seluruh bagian botol dengan air sabun hangat dan biarkan terbuka sampai kering.

4. Minum Air Langsung dari Keran

Walaupun tidak disengaja, meminum air dari kran saat mandi sering terjadi terutama oleh anak-anak. Jadi sebaiknya kran rutin dibersihkan karena di situlah salah satu tempat utama bakteri di kamar mandi berkembang biak.

5. Kafein

Kafein memang bisa bermanfaat untuk beberapaorang yakni meningkatkan memori dan konsentrasi, namun ketika Anda menambahkannya ke dalam air, itu akan merusak manfaat sehat dari air itu sendiri. Kalau Anda hobi melamun sambil minum kopi yangmengandung kafein bukanya membuat anda tenang tapi justru membuat Anda mudah marah dan tidak bisa tidur.

6. Pemanis buatan dan Bahan Pengawet

Sudah jamak bila dalam air kemasan yang memiliki rasa, pasti ada unsur bahan tambahan, seperti pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya. Sedikit banyak bahan tambahan itu berbahaya bagi kesehatan. Jadi minum air putih tentulah yang paling menyehatkan.

Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Hati-Hati Minum Air Putih Menjadi Tidak Sehat Karena 5 Hal ini 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Posting Komentar

Jika ada artikel disini anda rasa bermanfaat atau berhasil, mari jalin silaturahmi dengan memberi berkomentar, thanks