Inilho Makanan Sehat Pengusir Bau mulut


Bau mulut disebabkan oleh banyak faktor. Kurangnya menjaga kebersihan mulut dan kebiasaan merokok adalah diantara sebab-nya. Hal ini sangatlah penting karena bau mulut bisa mengganggu kegiatan sosial Anda.

Untuk itu jika Anda mengalami bau mulut anda bisa melakukan dengan cara alami dengan mengunyah makanan sehat berikut ini.

1. Kapulaga
Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang bisa menyegarkan mulut Anda dengan cara yang alami. Caranya kunyahlah 1 atau 2 kapulaga untuk membuat napas Anda menjadi segar.

2. Cengkeh
Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk dan pilek secara alami. Ternyata cengkeh juga mampu menyegarkan bau mulut Anda.

3. Daun mint
Daun ini selalu ada disemua produk penyegar mulut. So untuk menyegarkan mulut, cobalah untuk mengunyah beberapa lembar daun mint. Ini lebih baik daripada mengonsumsi produk berbahan kimia.

4. Cranberries
Buah ini manfaatnya cukup banyak, selain bermanfaat untuk menyegarkan napas, cranberries juga mampu memperkuat gusi, memutihkan gigi dan melawan kerusakan mulut.

5.Jeruk
Jeruk mempunyai manfaat untuk kesehatan. Diantaranya membantu penurunan berat badan. Nah, jeruk ternyata juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan mulut dan membuat mulut menjadi segar.

6. Jambu biji
Mengonsumsi jambu biji, selain baik untuk kesehatan mulut juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Selain keenam jenis makanan diatas anda juga dapat mencoba khasiat daun sirih sebagai pengusir bau mulut.

Anda dapat menghindari bau mulut yang sangat mengganggu dengan cara alami dengan mengonsumsi makanan sehat di atas.

Tetap Sehat Meski Sibuk Kerja

 Saat ini banyak orang  yang menghabiskan hampir sebagian besar waktu bekerja dikantor, mungkin anda salah satunya. Orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan komputer atau dilapangan akan kesulitan mencari waktu senggang untuk bersantai atau berlibur, apalagi untuk berolahraga, sehingga cenderung melupakan masalah kesehatan.




Padahal ketika  bekerja olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Jam kerja yang padat dan kesibukan luar biasa membuat kebanyakan orang malas berolahraga dan berusaha untuk sehat. Jika memang tak punya banyak waktu, agar tetap sehat anda bisa mencoba beberapa tips ini

1. Awalilah dari hal-hal kecil
Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut? Apakah anda sudah joging sekitar rumah? apakah sudah memilih makanan yang sehat? Berolahraga teratur? Atau punya pola makan teratur? Jika jawaban dari semua pertanyaan tersebut dijawab dengan "tidak," maka Anda jangan berharap untuk segera melakukan olahraga dalam skala besar. Awalilah dari hal yang paling kecil, namun tetap bermanfaat, dalam kehidupan Anda sehari-hari. Misalkannya dengan dengan membiasakan makan satu jenis buah-buahan setiap hari, bisa pisang, jeruk atau mangga. Anda juga bisa juga dengan membiasakan memilih naik tangga daripada lift atau elevator. Mulailah melakukan jogging tiga kali seminggu atau sekali seminggu. Mulailah dari cara yang kecil dan mulai saat ini juga. Jangan memaksa diri dengan langsung melakukan olahraga berat karena kecil kemungkinannya untuk berhasil.


2. Tidak perlu diet
Jangan memaksakan diri untuk diet karena tak akan selalu berhasil. ketika memaksa diet dan gagal maka tak akan melakukannya lagi. Tidak perlu membuat target diet yang berlebihan. Anda bisa memulai target diet dari yang sederhana semisal menurunkan berat badan serta makan makanan yang alami sedikit demi sedikit.

3. Jangan terbebani, enjoy your life
Hal ihwal kesehatan tidak boleh membuat anda tertekan. Berfikir positif akan membuat kegiatan olahraga dan hal-hal yang menyehatkan menjadi nyaman. Misalkan jika ingin makan pilihlah makanan yang sehat namun juga Anda sukai. Kalau joging pilihlah sekitar tempat tinggal sambil bersosialisasi dengan tetangga. Sekali waktu berolahraga dengan dengarkan musik akan membuat anda bersemangat. Boleh juga berolahraga dengan mengajak keluarga,pasti sangatlah menyenangkan.

Turunkan Risiko Kanker Payudara dengan 3 Kebiasaan Mudah

Turunkan Risiko Kanker Payudara dengan 3 Kebiasaan Mudah

Kanker menurut anggapan umum selama ini dikesankan merupakan penyakit ganas yang tidak dapat diobati. Padahal ada beberapa ahli yang percaya bahwa kanker sebenarnya bisa dicegah, kanker payudara adalah salah satunya.

Menurut direktur Mayo Clinic Dr Brent Bauer, untuk mencegah kanker payudara ternyata cukup dengan melakukan beberapa kebiasaan sehat yang cukup sederhana.

-Makanlah makanan yang sehat
Ada beberapa makanan yang bisa digunakan untuk melawan kanker karena mengandung antioksidan seperti buah blueberry dan kale. Namun itu saja tak cukup, Anda harus memperhatikan keseluruhan makanan yang Anda makan.  Perbanyak makan buah, sayur, dan kurangi konsumsi daging merah. Serta pantau berat badan Anda.
 
-Olahraga teratur
secara umum olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. utamannya meningkatkan kesehatan jantung dan mental. Namun baru-baru ini penelitian juga mengungkap bahwa melakukan diet sehat yang diikuti dengan olahraga bisa menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kebiasaan olahraga yang teratur menurunkan risiko kanker.

-Tidur yang cukup
Tidur tidak hanya untuk beristirahat, tapi juga bisa menurunkan risiko kanker. Wanita yang tidur kurang dari enam jam per malam mennurut penelitian sangat berisiko terkena kanker payudara. Ini kebiasaan wanita yang sering lembur dan sering begadang sehingga tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Mudah bukan? Kebiasaan tersebut mungkin tampak biasa saja, namun kalau dilakukan secara teratur, Anda pasti akan mendapatkan manfaat berupa kesehatan dan terhindar dari kanker payudara.

Mengantuk Sehabis Makan Siang? Berikut Tips Pencegahannya

Setelah seseorang makan seharusnya badan menjadi lebih segar dan daya tahan makin kuat, namun kebanyakan orang justru mengantuk setelah makan siang. Jadi bisa jadi mengantuk sesudah makan siang adalah keadaan yang tidak normal, kemungkinan ada yang salah dari diri anda



Berikut ini adalah tips agar anda tidak mudah mengantuk setelah makan siang

1. kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula serta lemak

Mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula serta lemak ketika  makan siang dapat mencegah terjadinya kecelakaan energi. Hal itu karena gula walaupun bisa memberikan dorongan energi yang cepat, namun dapat habis dalam waktu yang cepat pula hingga bikin badan merasa lelah.  Makan buah yang mempunyai rasa manis alami bisa jadi alternatif.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks

Makanan yang mempunyai kandungan protein, zat besi  serta karbohidrat kompleks membuat badan menghasilkan hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh badan untuk menambah daya. Sedang karbohidrat kompleks berikan glukosa pada badan yang berperan untuk bahan bakar yang membantu peranan badan, tetapi di cerna dengan lebih lambat hingga tak cepat menambah gula darah.

3. Makan secukupnya

Jangan makan berlebihan di siang hari karena mengolah makanan dengan porsi besar membuat tubuh terasa lebih lelah dan akhirnya menimbulkan efek mengantuk.

4. Melakukan gerakan ringan

Gerakan ringan seperti loncat-loncat, peregangan, latihan pernapasan atau push-up membuat anda tidak mudah mengantuk. Kerjakan latihan mudah ini di kantor/tempat kerja untuk menambah kandungan oksigen dalam darah untuk menambah daya.

5. Banyak minum air putih sesudah makan siang

Seluruhnya organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Minum air putih sesudah makan siang akan melindungi badan dari dehidrasi. Bisa jadi mengantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi.

6. Tidur yang cukup

Tidur delapan jam setiap malam memberikan tubuh jumlah yang ideal untuk istirahat. Kurang tidur bisa menyebabkan rusaknya jadwal jam biologis badan sehingga membuat Anda merasa lebih capek dan mengantuk di siang hari.

Gejala Overdosis Alkohol dan Penanganan-nya



Hampir semua minuman beralkohol mengandung zat yang disebut Etanol yanga merupakan bahan aktif bersifat racun. Dengan Etanol membuat aktifitas sistem saraf pusat yang berfungsi mengontrol kemampuan psikomotorik seperti koordinasi dan reaksi gerak tubuh menjadi lemah.

Alkohol juga dapat mengurangi tingkat kesadaran perilaku dan kontrol diri. Efek lain yakni mengganggu aktifitas anggota tubuh seperti mengurangi pendengaran, pergerakan mata dan bicara.

Perasaan senang yang semu adalah hal yang sering didapat karena Alkohol dapat bereaksi seperti perangsang tubuh atau stimulan, walaupun sesungguhnya alkohol adalah penyebab timbulnya depresi.


Sebelum melakukan penanganan lebih lanjut sebaiknya ketahui dulu gejala atau ciri-ciri penderita overdosis. Berdasar buku "Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat' karya Stanley M. Zildo: 

Gejala overdosis alkohol meliputi :
-berkurangya koordinasi berkurang
-bicara meracau
-pernapasan tak normal
-cenderung tidak sadar
-mata memerah
-kemungkinan koma.

Maka jika anda menemukan gejala-gejala tersebut, berikut adalah tips untuk menangani penderita overdosis:

1. Apabila penderita tertidur dengan pernafasan dan denyut nadi normal,maka korban tidak membutuhkan penanganan darurat cukup bangunkan dengan cara mengguncang-guncangkan tubuh atau memanggilnya.

2. Terus pantau penderita dan bawa ke tempat yang aman agar tidak melukai diri sendiri.

3. Jika ternyata penderita koma atau tidak sadarkan diri dan tidak dapat dibangunkan serta pernapasnnya terlihat tidak normal, jaga agar jalur pernapasannya tetap lancar.

4. Sesegera mungkin bawa penderita ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Makan Sedikit Tapi Perut Kenyang? Begini Caranya

Banyak olahraga dan menurunkan porsi makan adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Namun Masalahnya, program diet semacam ini sering tidak berjalan dalam prakteknya karena tidak semua orang mampu menahan lapar yang diakibatkan diet itu.



Untuk anda yang berniat diet lagi tak perlu khawatir, ternyata seperti dikutip dari Livestrong ada beberapa cara untuk membuat Anda makan dengan porsi lebih sedikit namun tetap kenyang :

1. Makanlah pelan-pelan

Ketika Anda makan perlahan dapat mengurangi porsi makan karena dengan makan pelan-pelan otak akan mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Mengontrol kapan harus berhenti makan membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Apapun makanan anda, makanlah pelan-pelan dan kunyah dengan benar untuk memperpanjang waktu makan seolah-olah anda benar-benar menikmati makannya.Karena otak anda membutuhkan waktu 20 menit menyadari bahwa perut sudah kenyang.

2. Makan sedikit tapi sering

Makan dengan porsi kecil tetapi sering akan membuat tubuh tetap aktif membakar beberapa kalori tambahan. Sudah menjadi kebiasaan jika melewati waktu makan, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Untuk itu makan dalam jarak waktu singkat seperti setiap 2 hingga 3 jam sekali akan membantu Anda tidak merasa terlalu lapar pada waktu makan.

3. Setidaknya 10 menit sebelum makanan utama sebaiknya mengkonsumsi sepiring salad terlebih dahulu.

Anda akan cepat merasa kenyang setelah makan jika sebelum makan mengkonsumsi salad terlebih dahulu . Kalau bosan mengunyah salad maka sayur yang berkaldu bisa menjadi penggantinya.

4. Makan di piring kecil

Berdasarkan penelitian yang dilakukan America's Cornell University, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. So jika kamu ingin menurunkan berat badan, makan buatlah perubahan kecil dengan cara makan Anda.

5. Makan makanan berserat tinggi

Makanan tinggi serat contohnya biji-bijian seperti gandum, produk gandum, beras merah, buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, jambu biji, lemon, jeruk, buah, buah delima; dan sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, asparagus, paprika, wortel dan labu. Makanan tinggi serat akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, meskipun memasok tubuh dengan kalori 20 persen lebih sedikit dari makanan serat rendah.

6. Makan buah utuh daripada jus

Kadar air dan serat buah yang masih utuh lebih banyak dari jus sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang ketimbang memiliki buah yang sudah dijus.