Perempuan Rentan Osteoporosis,Cegah Dengan 5 langkah berikut ini

Baca Juga:


Penyakit satu ini semakin populer di Indonesia. Ya! Osteoporosis atau pengeroposan massa tulang kini banyak menyerang manusia Indonesia, mesti umumnya kaum wanitalah yang lebih rentan terkena penyakit tulang ini terutamamereka yang memasuki masa menopause. Penyakit ini bisa memicu kecatatan karena seringkali menyebabkan tulang mengalami patah atau retak. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan.

Namun jangan khawatir, Osteoporosis bisa dicegah kok dan tidak sulit. Berikut 5 langkah sederhana yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Healthday, Senin (21/10/2013):

1. Olahraga

Perempuan biasanya malas berolahraga.Untuk mencegah osteoporosis sisihkan waktu 30-40 menit sehari sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga. Jenis olahraganya harus mengombinasikan olahraga ketahanan dengan latihan beban karena makin kuat otot maka beban tulang akan berkurang.

2. Lakukan diet yang sehat bagi tulang

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein harus banyak dilakukan kaum wanita, selain juga tetap memakan sayur dan buah-buahan. Menambah vitamin D juga perlu dipertimbangkan. Berjemur juga sangat baik menunjang diet tersebut.

3. Hilangkan kebiasaan buruk

Merokok harus dihindari bagi perempuan. Selain itu efek negatif pada tulang juga dapat dikurangi dengan banyak minum air putih. Namun perlu dicatat wanita yang memiliki berat badan terlalu rendah lebih rentan mengalami pengeroposan tulang.Jadi jagalah proporsi makannya.

4. Kenali faktor risiko Osteoporosis

Ada beberapa faktor utama risiko yang umum dari penderita Osteoporosis adalah penyakit rematik,
terlalu dini mengalami menaupose yakni usia 45 tahun ke bawah serta penggunaan obat-obatan golongan glucoorticoids. Jadi harus mempelajari tentang seluk beluk penyakit tulang.

5. Rutin mengecek kepadatan tulang

Hal yang masih jarang dilakukan kaum perempuan Indonesia. Padahal begitu seorang perempuan mencapai masa menopause, mereka wajib mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatan tulang dan mendeteksi keretakan. Hal ini penting karena begitu didiagnosa seorang wanita terkena osteoporosis maka dia harus segera malakukan treatment khusus sesuai saran dokter..


via:detik.com
image source: functiontofitness.com


Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Perempuan Rentan Osteoporosis,Cegah Dengan 5 langkah berikut ini 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
  1. banyak tips yang bermanfaat disini,saya harus bookmark halaman ini,makasih sudah share

    BalasHapus

Jika ada artikel disini anda rasa bermanfaat atau berhasil, mari jalin silaturahmi dengan memberi berkomentar, thanks