Mau Terhindar Stroke? Banyaklah minum Teh Hijau plus Kopi

Baca Juga:
teh hijau mencegah stroke
Penyakit stroke adalah penyebab kematian peringkat tiga di Indonesia. Karena itu sebelum terserang, ubahlah pola makan menjadi lebih sehat.Minum teh hijau dan kopi salah satunya. Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan dua minuman ini lebih efektif cegah stroke.

Sebelumnya, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu cangkir kopi rutin setiap hari mempunyai risiko 20 persen lebih kecil terserang stroke daripada orang yang menjauhi minuman ini. Sedangkan orang mengonsumsi teh hijau setidaknya empat gelas per hari juga memperlihatkan efek yang sama terhadap penurunan risiko stroke.

Sebuah studi terbaru menyatakan manfaat dari dua minuman kaya antioksidan ini akan jauh lebih efektif jika digabungkan. Hal ini menyanggah beberapa penelitian sebelumnya yang mengatakan dua minuman ini bekerja dengan cara berbeda untuk melindungi tubuh dari stroke.

Studi yang dilakukan di Jepang ini menganalisa kebiasaan minum hampir 84.000 orang Jepang dewasa selama 13 tahun. “Ini adalah studi skala besar pertama untuk memeriksa efek kombinasi teh hijau dan kopi pada risiko stroke,” tutur Dr. Yoshihiro Kokubo dari Japan's National Cerebral and Cardiovascular Centre kepada Daily Mail (15/03/2013).

Partisipan dalam studi ini berumur 45 sampai 74 tahun yang tidak mengidap kanker dan penyakit jantung. Dalam penemuan ini semua faktor seperti umur, jenis kelamin, berat badan, konsumsi alkohol, rokok, dan olahraga diperhitungkan.

Studi yang dipublikasikan di American Heart Association's Journal Stroke ini menemukan semakin banyak konsumsi kombinasi teh hijau dan kopi penurunan risiko stroke semakin terlihat. Karena efek interaksi kedua kandungan zat nutrisi di dalam minuman.

Para peneliti percaya kombinasi kandungan zat bernama catechins dalam teh hijau dan kandungan dalam kopi seperti kafein dan asam chlorogenic mengurangi risiko stroke, diabetes tipe dua, dan penyakit jantung. “Konsumsi reguler kopi dan teh juga bermanfaat untuk kesehatan jantung karena mencegah penggumpalan darah,” tambah Dr Kokubo.

Dalam jumlah sedikit ternyata teh hijau juga membantu melindungi tubuh dari kondisi fatal ini. Dengan hanya mengonsumsi dua hingga tiga cangkir teh hijau per hari risiko stroke menurun hingga 14 persen.

Selain itu dalam studi ini partisipan peminum teh hijau lebih sering berolahrga daripada orang yang tidak mengkonsumsi minuman tersebut. Sementara peminum kopi lebih cenderung berusia lebih muda, perokok, tetapi sering berolahraga.

via :detik food

Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Mau Terhindar Stroke? Banyaklah minum Teh Hijau plus Kopi 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Posting Komentar

Jika ada artikel disini anda rasa bermanfaat atau berhasil, mari jalin silaturahmi dengan memberi berkomentar, thanks