Jenis Penyakit dan Kelainan pada Tulang

Baca Juga:
jenis kelainan pada tulang, macam macam kelainan tulang

Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Fungsi tulang adalah untuk memberi bentuk tubuh. Selain itu, tulang juga berfungsi sebagai alat gerak pasif. Fungsi tulang lainnya adalah untuk melindungi organ vital. Misalnya, tulang tengkorak melindungi otak. Sebagai alat gerak, tulang memiliki banyak persendian. Misalnya, pada telapak tangan dan lengan tangan.

Ada kalanya tulang mengalami penyakit dan kelainan. Tulang bisa terkena penyakit berbahaya, seperti kanker tulang. Berikut macam-macam penyakit dan kelainan pada tulang.

1. Kelainan pada tulang kaki
Kelainan pada tulang kaki dapat berupa kaki berbentuk X atau O. Kelainan ini bisa disebabkan karena faktor keturunan. Penyebab lainnya adalah si ibu kurang makan makanan yang mengandung zat kapur dan vitamin D. Kelainan ini bisa juga disebabkan karena si ibu terjatuh saat hamil.

2. Osteoporosis
Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis dapat dialami pada orang usia lanjut. Osteoporosis dapat disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme pada tulang, yaitu apabila kerja sel yang menghancurkan tulang melebihi kerja sel yang membentuk tulang. Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi keropos. Gangguan ini dapat disebabkan oleh penurunan hormon, kurangnya kalsium dan vitamin D.

3. Kanker tulang
Kanker tulang merupakan penyakit akibat adanya pertumbuhan sel abnormal pada tulang. Sel tersebut dapat tumbuh menjadi jaringan sehingga ukuran kanker menjadi lebih besar. Kanker tulang terdiri dari dua jenis, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Pada kanker tulang primer, sel kanker berasal dari sel tulang. Pada kanker tulang sekunder, sel kanker berasal dari selain sel tulang.

4. Kelainan tulang punggung
Kelainan tulang punggung merupakan kelainan tulang akibat kebiasaan duduk yang kurang tepat. Kelainan tulang punggung ada 3 jenis, yaitu lordosis, skoliosis dan kifosis.

- Lordosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke depan.
- Skoliosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke samping.
- Kifosis merupakan kelainan dimana tulang belakang melengkung ke belakang.

5. Layuh semu
Layuh semu diakibatkan oleh adanya kerusakan pada cakra epifisis akibat dari infeksi sifilis pada anak masih ada di dalam kandungan. Cakra epifisis merupakan daerah perpanjangan tulang. Kerusakan cakra epifisis dapat membuat tulang menjadi layuh.

Itulah beberapa jenis penyakit dan kelainan tulang, jagan keehatan tulang kita karena tulang adalah salah satu elemen paling penting anugerah Tuhan.

Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Jenis Penyakit dan Kelainan pada Tulang 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Jika ada artikel disini anda rasa bermanfaat atau berhasil, mari jalin silaturahmi dengan memberi berkomentar, thanks