Sehat & Tips Keluarga

Baca Juga:
Tips Awet Muda


Banyak cara yang dapat membuat kulit anda tampak lebih muda. Faktor genetik tentu sahaja sangat berpengaruh. Namun sebenarnya ada sejumlah faktor yang biasa membantu orang menjadi awet muda.

1) Jauhkan Kebiasaan Buruk Anda

- Jangan merokok atau berhentilah merokok kerana merokok hanya membuat kulit anda menjadi tidak segar selain memancing sakit jantung dan paru-paru.

- Hindari alkohol kerana jumlah yang berlebihan akan merosakkan sel-sel, gen dan mendorong terjadinnya radang hati serta mencepatkan kerapuhan tulang.

- Pastikan juga anda mendapat tidur yang cukup sebab pada ketika tidur itulah tubuh akan berkerja memperbaiki sel-sel selain merehatkan jantung. Dengan tidur yang cukup, anda akan dapat hidup lebih cergas sepanjang hari. Jika anda mengalami kesulitan tidur malam, apakata cuba minum segelas susu terlebih dahulu sebelum masuk tidur.

- Hindarkan makan terlalu banyak sebelum tidur jika anda ingin mudah terlelap hingga pagi hari.

- Hindari minuman ringan secara berlebihan

- Banyakkan minum air putih minimum 8 gelas sehari

- Bersenam. Jika terlalu sibuk memadailah dengan melakukan senaman jalan kaki setengah jam sebelum mandi setiap pagi

2) Jangan Lupa Perawatan Luar

- Jangan lupa gunakan sun block setiap hari. Tunggu setengah jam sebelum keluar untuk sun block menyerap kedalam kulit. Sinar matahari paling kuat menyenagt pada pukul 1 tengahari

- Melakukan olahraga secara teratur boleh mengawal kadar garam dalam makanan kita, tidak dilupakan ramuan jamu tertentu yg diyakini dapat menjadikan seseorang selalu nampak muda dan segar.

3) Amalkan Pengambilan Makanan Yang Mempunyai Magnesium

Pengambilan ikan secara teratur diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan akan menjadikan jantung lebih stabil. Zat magnesium mudah didapati dalam ikan tuna, madu, kacang-kacangngan, bujian-bijian, sayur-sayuran hijau, serta ikan pada umumnya.

Selain itu, anda disarankan untuk minum anggur merah atau jus anggur secara teratur untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Banyakkan makanan yang mengandungi vitamin C, E dan D.

Ambillah bawang putih, biji-bijian serta berbagai jenis makanan yang berasal dari laut, ternyata kaya dengan selenium. Selenium merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan kemungkinan kita diserang penyakit jantung, disamping penyakit lainnya.

sumber : http://sirloinskipper.fotopages.com/?entry=1038602

Tips Bau Mulut



Biasanya bau mulut itu disebabkan karna :
1. Banyak karang gigi di mulut, biasa karna penumpukan plak ato sisa makanan, karna tidak atau sulit di bersihkan, jadi plak itu berubah menjadi keras dan menjadi karang gigi
2. Dalam mulut kamu ada infeksi, seperti adanya gigi yg berlubang, ato gusi kamu mudah berdarah, ato pun sisa2 gigi yg sudah mati tapi belum kamu cabut
3. Karna penyakit sistemik, seperti xerostomia (mulut kering) karna penyakit diabetes melitus ato penyakit yg menyebabkan mulut jadi kering lainnya. mulut kering ini biasa menyebabkan bau mulut.
4. karna makanan yg kamu makan, kalo kamu makan makanan seperti jengkol, bawang ato makanan lain.

Solusi :
1. bersihin karang gigi, karna karnag gigi itu sumber penyakit (terdiri atas kuman2) jadi datang aja ke dokter gigi buat di bersihin (scalling) dan periksa gigi tiap 6 bulan sekali.
2. kalo bisa sumber infeksi (seperti sisa akar gigi) di cabut, karna kalo di biarkan di dalam mulut dapat nyebabsn terjadinya nanah (abses) dan itu juga bisa nyebabsn kamu sakit dan bau mulut aswell.
3. bener, bisa di pake listerin untuk membantu, tapi jgn terlalu sering karna di dalam mulut ada flora normal (bakteri dan jamur). kalo kamu keseringan pake obat kumur, maka bakteri yg ada di flora normal itu akan mati dan timbul jamur (ga mau kan mulutnya jamuran?)
usahakan pakai listerin 2x dalam seminggu saja..itu uda dapat ngebantu kok
4. kalo memank kamu ada riwayat keluarga yg DM, coba cek ke dokter gula darah kamu, biar bisa di pastiin kamu normal ato tidak. kalo tidak kamu musti makanan yg akan kamu makan.
5. hindari faktor penyebab bau mulut, seperti kalo kamu suka jengkol, tapi kamu merasa kamu masih bau mulut, jgn makan dulu..diet happy.gif

Tips :

• Penting sekali untuk menjaga mulut bersih. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari. Banyak Ahli menyarankan juga membersihkan lidah karena bakteri juga bisa tinggal di sana menggunakan alat khusus.

• Gunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri, namun jangan pilih obat kumur dengan pembawa alkohol. Anda boleh berbahagia, karena menurut para ahli, obat kumur bisa menahan bau mulut sampai delapan jam. Namun, tentu jika kebersihan mulut tak dijaga, bau mulut akan muncul lagi.

• Jika Anda menggunakan kawat gigi yang dilepas, pastikan kawat gigi selalu bersih baik saat menyimpan maupun saat menggunakannya kembali.

• Jika ada jarak antara gigi, atau ada infeksi gusi, gunakan sikat gigi interdental yang digunakan pada segitiga antara gigi dan gusi.

• Jika perlu, hindari dulu makanan yang dapat memicu bau mulut seperti ikan, daging, produk susu, makanan pedas, bawang merah, bawang putih, kopi dan makanan manis.

• Minum banyak air!

• Jangan lupa sarapan dan makan secara teratur supaya produksi air ludah lancar. Jika perlu, kunyah permen karet tanpa gula untuk meningkatkan saliva.

• Permen mint memang bisa membantu bau mulut lebih baik, tapi hanya sementara. Ahli mengatakan, permen dengan kandungan minyak sinamon akan membantu menghilangkan bakteri mulut yang merugikan.

• Atasi stress!

• Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Tips Untuk Bau Kaki



Bersihkan kaki & sela-sela jari dgn sabun pada saat mandi lalu keringkan secara menyeluruh
Gunakan spray kaki/deodoran/lotion kaki/bedak anti jamur
Bersihkan setiap kulit kaki yang mati dari telapak kaki, gunting kuku.Basuh kaki dengan air hangat&keringkan secara menyeluruh

Pakai sepatu yang terbuat dari bahan kulit&agak longgar
Hindari memakai sepatu yg sama dua hari berturut-turut
Jemur alas kaki secara berkala di bawah sinar matahari

Pakai kaos kaki dgn bahan yg memiliki 60-70% kandungan benang bulu dpt membantu kaki tetap kering
Ganti kaos kaki sekali/dua kali sehari.
Pakai kaos kaki yg bersih

Angin Duduk



Kemarin ada seorang teman dikantor yang meninggal di usia yang ke-31 dengan status single. Menurut dokter-dokter yang turut melayat,kemungkinan penyebabnya adalah angin duduk, karena pagi harinya dia masih masuk kantor, walaupun pada saat jam istirahat minta ijin pulang karena kepalanya pusing. Kebetulan ybs tidur sekamar dengan kakak perempuannya yang juga bekerja di kantor yang sama,dan masih sempat terbangun karena adiknya menanyakan minyak kayu putih sekitar setengah 12 malam, lalu paginya waktu dibangunkan pagi hari untuk berangkat ke kantor, ternyata sang adik sudah meninggal dengan posisi tidur dengan wajah sedikit menahan rasa sakit, dan kebiruan sekitar leher.
Atas dasar itulah saya informasikan sedikit mengenai angin duduk atau nama kerennya Sindrom Jantung Koroner Akut. Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab di sebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).
Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.
Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.
Gejalanya:
Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:
  • Rasa ditekan
  • Rasa diremas-remas, menjalar ke leher, lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
  • Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.
  • Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag. Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :
  • Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
  • Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
  • Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
  • Keempat, infeksi pada pembuluh darah.

Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung. Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh, hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA)dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard). Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.
“SSJKA ini memang mendadak.Bukan karena capek, masuk angin, atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”.Kata Teguh.
Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu-satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.
Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun ia pergi. Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

Ketiak Lelaki dan Bau Wanita

“Studi yang dilakukan di sana mengungkap kalau keringat lelaki buat kaum wanita bisa menurunkan stres, membantu relaksasi, dan mengatur daur haid.” Dahsyatnya Ketiak Lelaki dan Bau Wanita Oleh: Dr. Handrawan Nadesul, Dokter Umum
Seperti hewan, awalnya tubuh manusia juga memanfaatkan bau badan untuk memikat lawan jenisnya. Kemampuan manusia terpikat seks oleh bau badan memang sudah lama punah. Namun, beberapa waktu lalu terkuak lagi khasiat baru bau ketiak. Betulkah di ketiak lelaki ada obat mujarab buat kaum hawa?
Setidaknya itulah yang muncul dari Bagian Biologi Manusia di Universitas Pensylvania. Seperti dilaporkan “Jurnal Biology of Reproduction America”, ekstrak ketiak yang sengaja diperas dari lelaki yang tidak memakai deodoran digunakan sebagai bahan penguji kalau hidung wanita bisa digoda bau badan lawan jenisnya.
Dalam percobaan itu, parfum alami ini kemudian dioleskan ke atas bibir puluhan wanita berumur 25-45 tahun. Tentu tanpa memberi tahu kalau itu bibit keringat lelaki, dan hanya dikatakan kalau sedang menguji suatu aroma parfum.
Enam jam pertama setelah itu, skala mood wanita yang diolesi parfum yang terbuat dan bibit keringat lelaki tersebut lalu diukur. Hasilnya sungguh unik. Selain bisa mencerahkan mood, parfum ketiak lelaki ternyata dapat juga membuat wanita menjadi kurang tegang.
Lebih dari itu, bukan cuma mood yang disenggol sang parfum yang terbuat dari bagian tubuh kaum macho yang paling anget itu. Kini terbukti pula kalau hormon reproduksi wanita golongan LH (Lutetnizing Hormone) ikut terpicu pula. Normalnya hormon LH mencetuskan terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur matang dari indung telur. Begitu wanita menghidu (mencium) bau khas ketiak lelaki, hormon LH-nya langsung membanjir dalam darah. Diduga bau keringat lelaki mengandung bahan yang mencetuskan keluarnya telur.
Komunikasi Kimiawi
Kita tahu hewan menyebarkan aroma bau badannya saat musim kawin (estrous) yang bisa tercium sampai area ratusan meter, bahkan lebih. Hormon pemicu seks lawan jenis pada hewan kita kenal sebagai pheromones. Gajah misalnya, pada musim kawin bisa mencium bau lawan jenis yang jauhnya bilangan kilometer. Lewat pheromone, secara kimiawi hewan bisa saling berkomunikasi seks, yang hanya dikenali oleh sejenisnya yang berbeda kelamin. Anjing dan kucing berkomunikasi seks lewat urine.
Manusia?
Sudah lama dicatat kalau bau badan manusia memproduksi pheromone juga, namun lama tidak dimanfaatkan lagi. Mengapa? Lantaran kultur sudah merusak ketajaman hidung manusia untuk masih terpengaruh oleh bau badan lawan jenisnya. Teknologi pembuatan parfum menjadikan hidung manusia tumpul untuk mengenali exaltolide pada bau badan lelaki dan tak tajam lagi membaui copulin pada wanita. Sebetulnya aroma seks purba itu masih hadir sampai sekarang. Teknologi wewangian dunia sudah lama mencari aroma tertentu yang dulu pernah terungkap bisa mempengaruhi seks lelaki maupun wanita. Kemudian ditemukan suatu zat tertentu dengan cara meniru aroma bau badan khas lelaki. Zat tersebut berjenis aroma musky, yang menyerupai bau kesturi. Itu maka sekarang kita bisa dengan mudah memilih banyak sekali parfum dengan aroma kesturi untuk tujuan memikat seks wanita (musky oil). Untuk produksi massal, bahan ini diambil dari tanaman angelica yang diesktrak akarnya, serupa dengan zat civetone dan muscone. Sebagian minyak wangi beraroma kesturi terbuat dari urine babi dan dikenal sebagai Boar taint. Belakangan diketahui kalau bau musky lelaki yang bisa bikin wanita langsung greng ternyata berkaitan dengan hormon testosteron (androsterone). Ternyata hidung wanita lebih sensitif terhadap hadirnya pheromonone, aroma exaltolide di keringat lelaki, terlebih pada saat menjelang ovulasi. Namun, menjadi tidak sensitif pada saat sedang hamil.
Dari temuan itu kemudian dikembangkan riset siapa tahu bau ketiak lelaki bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk terapi kemandulan, misalnya, selain dibuat parfum seks, dan untuk tugas mengendurkan ketegangan wanita yang sering stres. Hal lain, mungkin saja bau kecut ketiak lelaki bisa juga menjadi obat untuk wanita yang sedang mengalami gangguan menjelang hari haidnya (premenstual syndrome), kasus yang menjadikan wanita suka mengutil, gampang celaka (accident prones), uring-uringan tanpa sebab, atau mudah tersinggung.
Soal bebauan tubuh, Robert Burton sangat lengkap menghimpun dalam bukunya, “The Language of Smell”. Disebutkan di situ kalau hidung manusia bisa membedakan ratusan, bahkan ribuan jenis bebauan, termasuk yang menggiringnya untuk menjadi greng, baik pada pria maupun wanita. Copulin Si Bau Wanita Di kalangan kera betina, bau copulin di tubuhnya memikat sang jantan untuk lebih sering mengawininya (copulasi).
Bayi hewan bisa membedakan puting susu induknya dengan yang bukan dari bau pheromone milik indungnya. Pada manusia, copulin tidak begitu kuat lagi membangun seks dan roman, oleh karena dibandingkan dengan wanita, hidung pria tidak lebih tajam terhadap bau badan lawan jenisnya. Namun, riset terhadap senyawa ini terus digiatkan, bagian dari proyek gender-related smell. Di penghiduan pria, bau badan wanita itu cenderung berjenis “manis” (sweet) dan “bersih” (clean), sedangkan lelaki cenderung “busuk” (smelly) dan “masam” (sweaty).
Copulin, senyawa bau badan wanita paling tajam, banyak terdapat dalam getah vagina. Jika diurai, senyawa copulin berisi tiga jenis asam, yakni asam asetat (acetic acid), asam propanoat (propanopic acid) dan asam butanoat (butanoic acid), selain hormon golongan androstenol. Beberapa kultur memanfaatkan asam vagina buat bikin lelaki semakin rajin greng.
Di Brasil, getah vagina diaduk dalam kopi tubruk, di Nigeria dicampur dalam sup. Di dunia modern, getah vagina menjadi parfum PCC (Passion Copulin Concentrate) dalam bentuk bedak atau roll deodorant yang dipakai wanita supaya banyak lelaki di dekatnya jadi doyan greng

Jam Piket Organ Tubuh



LAMBUNG
Jam 07.00 - 09.00
Jam piket organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap tubuh.

LIMPA
Jam 09.00 - 11.00
Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG
Jam 11.00 - 13.00
Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

HATI
Jam 13.00 - 15.00
Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

PARU-PARU
Jam 15.00 - 17.00
Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru

GINJAL
Jam 17.00 - 19.00
Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG
Jam 19.00 - 21.00
Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan

LIMPA
Jam 21.00 - 23.00
Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG
Jam 23.00 - 01.00
Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI
Jam 01.00 - 03.00
Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

PARU-PARU
Jam 03.00 - 05.00
Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

USUS BESAR
Jam 05.00 - 07.00
Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan BAB secara teratur
LingZhi Sikat Asam Urat




Berbagai penyakit maut seperti tumor ganas menggempur tubuh renta Siti Fatimah Syaneth. Pada usia yang tak lagi muda, 70 tahun, asam urat menyerangnya justru ketika ia hendak berhaji. Hampir saja ia gagal menunaikan ibadah itu. Dengan rutin minum seduhan lingzhi, ia merasakan 2 faedah sekaligus: sembuh asam urat dan tubuh bugar selama di Arab.

Daya tahan tubuh Syaneth terbilang luar biasa. Ia mengidap penyakit jantung pada 1990. Tiga tahun kemudian, tumor payudara mengganas memaksanya menjalani operasi pengangkatan payudara. Tak sampai setahun, ia mengalami retak tulang pinggang akibat terjatuh. Pulih dari sederet penyakit maut itu, kondisi tubuh Syaneth tampak fit. Sejak sang suami dipanggil Yang Maha Kuasa pada 2002, ia juga terbiasa bepergian sendiri.

Dengan riwayat penyakit berat itu, Syaneth bertahan di bawah cobaan penyakit yang hampir mematahkan mimpinya. Termasuk ketika kondisinya terpuruk akibat asam urat menjelang keberangkatan ke Mekah, Arab Saudi. Menjelang ibadah haji, Syaneth memutuskan mengunjungi kerabat di Manado, Sulawesi Utara, seorang diri. Tiga pekan setelah menghabiskan waktu bersama kakak dan adik di tanah kelahirannya itu, ia merasakan ngilu di lutut kanan. ‘Saya pikir biasa, namanya juga lansia (lanjut usia-red),’ tutur ibu 4 anak itu.

Tiba di Jakarta ia mulai menjalani manasik haji. Walau sakit dan ngilu di lutut kanan makin menggerogotinya, wanita murah senyum itu tetap memaksakan diri ikut manasik haji. Dengan muka pucat dan langkah kaki kanan terseok, Syaneth dibantu putrinya, Sherly Sudaryono, mengikuti persiapan haji itu di Yayasan Al-Hidayah, Jatikramat, Bekasi.

BengkakLutut kanan Syaneth mulai bengkak. Untuk berjalan saja ia harus merambat di dinding. Namun, ia mengabaikan rasa sakit itu. Suatu hari, ia menyuruh pembantunya memasak menu istimewa, ikan tongkol panggang dan sayur daun singkong kesukaannya. Menu bersantan itu pun tanpa ragu dilahapnya.

Keesokan hari, ketika bangun dari pembaringan, lutut kanannya sakit. Nenek 7 cucu itu tidak bisa menggerakkan sendi lutut yang telah membengkak. ‘Sakit sekali, disentuh nyamuk saja sudah terasa amat sakit,’ ujar Syaneth. Manasik yang dijadwalkan 8 hari pun hanya dihadirinya 4 hari pertama. Ia tak mampu lagi berdiri.

Gout yang dikenal masyarakat dengan sebutan asam urat merupakan penyakit gangguan metabolik yang disebabkan penumpukan asam urat berlebih dalam jaringan tubuh. ‘Asam urat adalah hasil akhir metabolisme purin,’ kata dr Cecilia Padang PhD, FACR, dari Klinik Pusat Rematik Indonesia. Jika produksi asam urat melebihi daya tampung dalam plasma darah, maka terjadi penimbunan dalam jaringan tubuh. Timbunan asam urat biasanya terjadi di persendian, seperti pada pergelangan tangan, tumit, siku, dan lutut. Persendian yang terserang akan terlihat bengkak, terasa panas, nyeri, meradang, dan sulit digerakkan. Gejala asam urat umumnya timbul mendadak. Umumnya menyerang pada malam hari saat cuaca dingin.

‘Makanan tinggi purin bisa menjadi faktor pencetus asam urat,’ kata dokter di Rumahsakit Pluit, Jakarta Utara. Risiko terkena asam urat dalam tubuh meningkat seiring peningkatan asupan makanan tinggi purin. Sayuran yang disinyalir berpotensi memicu asam urat bila dikonsumsi berlebih yaitu daun singkong, bayam, kangkung, kacang polong, asparagus, kacang buncis, dan kembang kol. Termasuk ikan tongkol yang dikonsumsi Syaneth, juga mengandung purin. Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan mengurangi asupan makanan mengandung purin berlebih.

Pikiran Syaneth menerawang, ibadah haji tinggal 4 bulan lagi. Buku kesehatan yang menjadi pegangan calon jemaah haji mungkin gagal diperolehnya. Jika saat pemeriksaan kesehatan kedua kondisi kesehatannya tidak membaik, Syaneth hanya bisa pasrah impiannya tercabut. Namun, ia tak berhenti berharap. Sherly kemudian menyarankan untuk berobat ke herbalis.

Hartono Chong, herbalis di Jakarta Barat, memberikan resep seduhan 2 sendok kecil bubuk lingzhi. Serbuk Ganoderma lucidium itu diseduh dengan segelas air panas. Syaneth meminumnya setiap hari. Herbalis yang praktek di Klinik Herbal Prima Usada, Jakarta Barat, itu juga memberikan tambahan kapsul ekstrak sayuran dan rumput laut untuk dikonsumsi 3 kali sehari guna mengontrol nafsu makan berlebih.

Upaya itu dibarengi dengan konsumsi segelas air kelapa tua untuk mendinginkan derita tukak lambung Syaneth. Keluhan mual dan muntah yang selalu datang bila mengkonsumsi obat tidak muncul sama sekali. ‘Saya merasa cocok dengan herbal itu,’ kata Syaneth. Hartono menyarankan agar Syaneth menjaga pola makan. ‘Jangan makan satu jenis makanan secara berlebih, meskipun itu sayuran yang menyehatkan, makanlah secara berimbang,’ kata herbalis yang sudah 4 tahun berkutat dengan lingzhi.

Sepekan setelah mengkonsumsi herbal, kondisi tubuh Syaneth membaik. Rasa sakit lenyap. Sendinya bisa digerakkan kembali, bengkak hilang. Ia bisa berjalan kembali. Dua bulan mengkonsumsi herbal tubuhnya terlihat lebih bugar. Rekan-rekan sesama calon jemaah haji pun heran melihat kondisinya yang cepat membaik. ‘Kelihatan lebih segar, tidak seperti pertama manasik dulu,’ ujar Syaneth menirukan ucapan rekannya.

Saat pemeriksaan kesehatan kedua, 9 November 2006, ia dinyatakan lolos. Buku kesehatan berwarna hijau itu pun diterimanya. ‘Alhamdulillah, padahal saya terancam tidak diizinkan bila kesehatan tidak membaik,’ kata Syaneth. Tanggal 29 November 2006 ia berangkat bersama rombongan kloter pertama dari Bekasi.

Asam ganoderikKeampuhan lingzhi mengatasi asam urat dibuktikan John Tindal, dari Yuan Clinic, London, Inggris. Riset melibatkan 3 penderita asam urat berusia 35 tahun yang merasakan nyeri dan pembengkakan di persendian. Dosis 3 gram lingzhi dalam bentuk tablet setiap hari dikonsumsi 30 menit sebelum makan selama 4 pekan. Selanjutnya diberikan dosis 2 gram/hari selama 6 pekan, kemudian 1 gram/hari selama 6 bulan.

Sebulan pertama setelah konsumsi, rasa sakit berkurang, stamina meningkat, dan pasien dapat berjalan kembali. Pada akhir periode 6 bulan, gejala asam urat hilang sama sekali. Aktivitas antipembengkakan lingzhi disinyalir dari sejenis asam ganoderik.

Pantas pula Syaneth mengaku tidak merasakan keluhan berarti selama menjalankan ibadah haji. Jamur yang dikenal dengan sebutan reishi di Jepang itu mengandung germanium organik. Mineral itu berefek melancarkan peredaran darah, menghilangkan rasa lelah, meningkatkan energi, memperkuat kekebalan tubuh, dan menghilangkan racun.

Jamur yang sejak 4.000 tahun lalu digunakan sebagai herbal itu terus dikonsumsi Syaneth selama menjalankan ibadah haji. Selama itu pula tidak ada halangan penyakit berarti. Ucapan syukur berulang kali terlontar dari mulut Syaneth. Tanggal 7 Januari 2007, ia kembali dengan selamat ke tanahair. Terkabul sudah mimpinya berhaji. (Kiki Rizkika)

Mereka Lumpuhkan Sang Drakula



Penerbangan Malaysia Airlines menuju Kualalumpur, Malaysia, semakin mendekati waktu keberangkatan. Walau sudah terdaftar sebagai penumpang, Nino Sastrahusada berpikir kembali untuk melanjutkan perjalanannya. Tubuhnya menggigil dan nyeri, kepala pusing, mual, serta lemas. Keputusan terakhir ia tetap berangkat lantaran penderitaannya diduga sebatas flu akibat tiga malam kurang tidur menyelesaikan tugas.

Pekerjaannya di negeri jiran juga tak bisa menunggu lebih lama. Tiba di Kualalumpur, Nino langsung menemui ahli medis. Walau suhu tubuh mencapai 39oC dan menjalani serangkaian tes laboratorium, dokter belum bisa mendiagnosis penyakit. Tunggu 3-4 hari lagi, kata Nino mengulang pernyataan dokter. Sebab, berbagai virus baru terlihat penyebarannya setelah 72 jam inkubasi dalam tubuh. Kemungkinannya; influenza, tifus, hepatitis, dan demam berdarah.

Dokter membekali obat-obatan penghilang nyeri dan penurun panas. Namun, untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan, Nino lebih mempercayai keampuhan ekstrak gamat-sebutan teripang di Malaysia-yang telah dikonsumsinya selama 2 tahun. Biasanya takarannya hanya 2 x 1 sendok makan. Kali ini, Nino memilih menenggak 50 ml 3 kali sehari ditambah spirulina agar panas langsung turun dan nyerinya hilang. Oleh karena itu, pria kelahiran 48 tahun silam itu tetap melakukan berbagai aktivitas.

Limpa bengkakEmpat hari kemudian, Nino tiba di Jakarta. Ia langsung memeriksakan diri ke rumahsakit. Hasil uji laboratarium, virus yang menyebar ke seluruh tubuhnya adalah dengue, penyebab demam berdarah yang dibawa nyamuk Aedes aegypti. Parameternya, nilai trombosit hanya 110.000 µ/L dari ambang normal 230.000 µ/L, limpanya membengkak 10 cm, dan Activated Partial Tromboplastin Time atau masa tromboplastin parsial teraktivasi hanya 14 detik dari ambang normal 25-43 detik. Ia dianjurkan menjalani perawatan medis di rumahsakit.

Namun, Nino menolak walau polis asuransi bakal menanggung biaya perawatan di rumahsakit internasional itu. Ia yakin penyakitnya bakal reda dengan istirahat dan konsumsi suplemen beche de mer-sebutan teripang di Perancis-setiap hari. Lantaran merasa lebih bugar, Nino kembali memeriksakan kesehatannya. Dokter mendiagnosis virus dengue yang disebarkan hewan pengisap darah-mirip mitos drakula-di siang hari itu hilang. Untung saya minum gamat. Jika tidak, saya takkan bisa melakukan aktivitas apa pun dan trombositnya jauh lebih anjlok, kata Nino.

Keampuhan gamat menghadang virus demam berdarah dengue (DBD) juga dirasakan Joko Setiyanto. Pengusaha pergudangan di Serpong, Tangerang, itu terkena DBD seiring bencana banjir melanda Jakarta beberapa bulan silam. Data Departemen Kesehatan, pada Januari dan Februari 2007, DBD menyebar dan menjangkiti 16.803 orang dan 267 pasien meninggal dunia. Biang keladinya, nyamuk warna hitam berbintik putih yang kerap bersarang di genangan air jernih seperti bak mandi, tempayan, vas bunga, dan pakaian bergantung di kamar.

Selasa siang, 20 Februari 2007, Joko Setiyanto terserang flu ditandai dengan nyeri dan tubuh menggigil. Lantaran musim hujan, ia memaklumi penurunan kondisi tubuhnya. Untuk menghilangkan penderitaan, ia mengkonsumsi obat-obatan warung. Namun, 2-3 hari berlalu tetap tak ada perubahan. Dokter dan laboratorium kesehatan ditandangi. Hasilnya, parameter trombosit 131.000/µL di bawah ambang batas 150.000-450.000/µl dan imunoserologi Anti Dengue IgM positif. Artinya pria kelahiran 26 April 1959 itu terjangkit virus dengue.

Mendengar vonis itu, Joko langsung mengkonsumsi gamat. Ayah Jannah Mumtaza itu mulai mengenal gamat untuk kesehatan sejak 3 bulan lalu setelah ibunya terbebas dari diabetes mellitus berkat ekstrak itu. Biasanya hanya 2 x 2 sendok sehari, tetapi ia menenggak 2 sendok makan setiap 2 jam. Rasa nyeri langsung hilang, kata pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu.

Untuk mengetahui lebih lanjut kondisi tubuhnya, 10 jam kemudian ia memeriksakan diri ke rumahsakit terdekat. Hasil test darah menunjukkan nilai trombositnya melonjak dari 131.000/µL menjadi 156.000/µL. Seharusnya jika virus dengue menyebar, nilai trombositnya naik pada hari ke-5. Lantaran nilai hemoglobin, hematokrit, dan SGOT masih di atas normal, ayah dua anak itu menjalani perawatan di rumahsakit.

Dua hari kemudian, nilai WBC count atau parameter pembekuan darah lebih rendah daripada normal 2.850/uL. Normal 5.000-10.000/uL. Itu berarti suami Ratnasari itu positif demam berdarah. Joko tetap mengkonsumsi 12 sendok makan gamat sehari kala terbaring di rumahsakit. Tak heran, virus dengue yang seharusnya mengasamkan lambung, melinukan sendi, dan merusakkan limpanya tak menyebar. Itu dibuktikan dua hari kemudian, 2 Maret 2007 semua parameter yang harusnya meninggi sudah turun.

Darah bekuMenurut dr Dewata Dermawan SpPD, ahli penyakit dalam di Rumahsakit Internasional Bintaro, Tangerang, virus DBD berkembang pada tubuh dalam beberapa tahapan. Bentuk reaksi pertama terjadi netralisasi dan pengendapan virus pada pembuluh darah kecil di kulit yang tergejala ruam. Saat itu juga keasaman lambung meningkat dan aliran darah semakin lambat.

Reaksi kedua terjadi gangguan fungsi pembekuan darah akibat penurunan jumlah dan kualitas komponen beku darah seperti trombosit. Jika plasma darah keluar dari pembuluh darah menuju ke rongga perut dan rongga selaput paru berupa gejala efusi pleura. Hal itu baru terlihat pada hari ke-6. Makanya diagnosis baru ditegakkan setelah 6 hari.

Gamat dipercaya mampu menetralisir keasaman lambung yang meningkat, mengencerkan darah kental akibat turunnya trombosit, memperbaiki sirkulasi yang terhambat sebagai efek samping terjangkit virus dengue.

Menurut Prof Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia, teripang mampu menurunkan tekanan darah lantaran kaya glikosaminoglikan. Senyawa itu berefek mengencerkan darah sehingga melancarkan cairan yang tersumbat. sedangkan spirulina, suplemen kaya antioksidan dan kalsium spirulan itu menghambat perkembangan sekaligus mematikan virus. kandungan zat besi dan vitamin B12 spirulina meningkatkan haemoglobin darah. Gamat dan spirulina, dua suplemen terbaik bersatu padu menggempur DBD yang sedang mewabah (Vina Fitriani)

Hadang Strouke dengan Spirulina



Adzan Subuh berkumandang. Soleh Ismail membangunkan Rahmalina untuk sholat Subuh berjamaah. Namun, betapa kagetnya Soleh, istrinya itu tak bisa bangkit dari pembaringan. Tubuh perempuan 66 tahun itu tak bertenaga. Meski Soleh membantunya, Rahmalina tetap tak bisa bangun. Ia benar-benar kehilangan kekuatan. Pagi itu juga Rahmalina dilarikan ke rumahsakit.

Kejadian berawal pada suatu hari, pertengahan April 2006. Suara adzan Magrib sore itu disambut Rahmalina dan Soleh dengan berbuka puasa. Kolak pisang yang tersaji di meja menggoda selera untuk disantap. ‘Jangan, itu manis,’ Soleh melarang Rahmalina yang berniat mencicipi kolak. Itu karena riwayat penyakit diabetes yang disandang Rahmalina. Namun, ibu 6 anak itu nekat mencicipinya sebanyak 2 sendok.

Tak disangka manisnya kolak berbuntut penderitaan. Itu persis Rahmalina alami pada 2005. Setelah mencicipi kolak, 15 hari akhirnya ia dirawat di rumahsakit. Kini, pengalaman itu terulang. Kadar gula Rahmalina melonjak 575 mg/dl; kadar gula normal setelah makan 110-160 mg/dl. Efeknya, menyerang ke bagian saraf, seluruh tubuhnya terasa lemas. ‘Ngga kuat bangun, rasanya lemas tak bertenaga,’ kata Rahmalina.

Dokter di rumahsakit di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, tempatnya dirawat, menyatakan Rahmalina mengalami penyempitan pembuluh darah di kepala. Selama opname, perempuan kelahiran Padang itu kerap disuntik insulin. Tak ketinggalan obat-obatan dalam bentuk kapsul dan cairan diasupnya. ‘Sampai bosan saya makan obat dan disuntik,’ keluh Rahmalina.

Toh kesembuhan bagai api jauh dari panggang. Kondisi nenek 6 cucu itu tak ada perubahan berarti. Sehari-hari ia hanya tergolek di ranjang rumahsakit. Karena harapan sembuh kecil, pihak rumahsakit merujuknya ke rumahsakit Pertamina, Mayestik, Jakarta Selatan. Di rumahsakit itu pun ia hanya bertahan 3 hari karena alasan tak ada kemajuan. Perempuan yang hobi memasak itu juga bosan dengan jarum suntik. ‘Saya tidak tahan lagi disuntik terus-terusan,’ kata Rahmalina.

Kembali berjalanPihak keluarga terus berupaya menyembuhkan penyakit Rahmalina. Beberapa ahli pengobatan alternatif disambangi, tetapi tetap tak ada hasil. Hingga suatu hari, Frans, putra Rahma, memberinya spirulina atas saran seorang teman. Menurut temannya, kandungan ganggang hijau biru itu dipercaya dapat mengurangi gejala beragam penyakit tanpa efek samping. Tanpa pikir panjang, 5 butir spirulina diasupnya rutin 3 kali sehari.

Dua minggu mengkonsumsi spirulina, perubahan mulai terlihat. ‘Saya sudah bisa duduk,’ kata wanita murah senyum itu. Sebelumnya, menahan bobot tubuh saja tak mampu sehingga ia sering jatuh lemas bila duduk tanpa penyangga. Sebulan kemudian, perubahan makin kentara. Ia mulai bisa berjalan meski sambil berpegangan. Wajahnya pun terlihat cerah dan segar. Anak keempat yang tinggal bersamanya pun melihat perubahan itu. ‘Alhamdulillah, mama sudah sehat,’ kata Rahmalina menirukan ucapan Frans.

Sejak itulah kadar gula Rahmalina terkontrol karena rutin mengkonsumsi spirulina. Hasil tes laboratorium kadar gula darah 155 mg/dl. Dengan kadar gula sebesar itu ia merasa sehat wal-afiat. Padahal sebelumnya ia membayangkan betapa menderitanya jika badannya tak bisa digerakkan sama sekali.

Radikal bebasKelumpuhan yang dialami Rahmalina bukan stroke. Stroke hanya menyerang sebagian anggota badan. Misalnya kaki dan tangan kiri saja, anggota tubuh bagian kanan tetap berfungsi. Sedangkan Rahmalina merasakan kedua tangan dan kakinya lemah, lebih tepatnya disebut arteriosklerosis.

Arteriosklerosis merupakan penyempit-an pembuluh darah karena adanya penyumbatan, penebalan, atau kurang lenturnya dinding arteri. Pada kondisi itu, bahan lemak terkumpul di bawah lapisan sebelah dalam dari dinding arteri. Menurut dr H. Arijanto Jonosewojo, SpPD, spesialis penyakit dalam RSU dr Soetomo Surabaya, pada penderita diabetes, darah mengental bisa mengakibatkan pembuluh darah tersumbat sehingga terjadi arteriosklerosis.

Penyumbatan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh: otak, jantung, ginjal, organ vital lain, lengan, dan tungkai. Jika terjadi di otak, arteriosklerosis berisiko menimbul-kan stroke iskemik. Stroke iskemik berarti tidak berfungsinya jaringan otak lantaran kurangnya darah yang membawa oksigen ke sana karena adanya penyumbatan pembuluh darah.

Radikal bebas menyebabkan arteriosklerosis. Spirulina mengandung antioksidan, seperti betakaroten, zeaxantin, fikosianin, asam amino, dan superoksida dismutase (SOD), yang berfungsi menetralisir reaksi radikal bebas. SOD berperan dalam melawan radikal bebas dengan mengurangi bentuk radikal bebas superoksida. Sementara betakaroten dan zeaxantin, mampu menghambat hidrogen peroksida.

Kandungan tokoferol (vitamin E) sebanyak 190 mg/kg pada spirulina juga membantu melawan pembentukan gumpalan darah. Penelitian Tom Saldeen MD, PhD, FACC dari Department of Forensic Medicine, University of Uppsala, Uppsala, Swedia, menunjukkan aktivitas antioksidan vitamin E mampu menurun-kan platelet agregasi dan menekan pembentukan gumpalan darah dalam pembuluh darah.

Rahma juga memperoleh manfaat penurunan kadar gula darah dari spirulina. Efek spirulina itu dibuktikan oleh Uliyar Mani, PhD dan rekan yang melakukan studi klinis pada 15 penderita diabetes. Hasil penelitian Department of Foods and Nutrition, M S University of Baroda, Gujarat, India, itu menunjukkan adanya penurunan gula darah secara signifikan setelah penderita diabetes mengasup spirulina 2 gram/hari selama 21 hari. Selain itu, asam gamma linolenik dalam alga itu berfungsi menurunkan kadar lemak dalam darah. GLA membentuk fospolipid membran sel mencegah terbentuknya asam lemak jenuh. (Kiki Rizkika)

Bawang Putih sikecil & ampuh



Ini bukan dongeng tentang si bawang merah dan bawang putih, tapi kita akan mengenal lebih jelas tentang manfaat dari Bawang Putih bagi kesehatan kita.

Bawang putih termasuk dalam keluarga bawang, yang memiliki bau yang khas, keampuhan dari bawang putih ini adalah karena manfaatnya bagi kesehatan yang sangat besar.

Bawang putih bersifat sebagai antiseptik yang mempunyai kemampuan untuk mencegah infeksi pada kulit. Dan bawang putih juga bersifat antioksidan yang seperti kita ketahui bahwa antioksidan berperan dalam mencegah kerusakan radikal bebas yang penting dalam proses penuaan, penyakit kardiovaskuler(jantung) dan kanker.

Dan dalam penelitian menunjukkan bahwa bawang putih merupakan pelarut lemak yang dapat menurunkan kadar kholesterol darah yang berarti menurunkan resiko penyakit jantung.

Keampuhan lainnya bawang putih dapat beraksi sebagai antibakteri dan antiviral karena bawang putih mengandung ekstra sulphur yang memberi nilai lebih dalam kesehatan. Bahkan penelitian di Toronto menyatakan bahwa bawang putih mengandung disulfide yang dapat untuk melawan penyakit malaria.

Untuk mendapatkan manfaat yang efektif dari bawang putih yang paling baik dimakan dalam bentuk mentah atau dalam bentuk minyak bawang putih. Dan konsumsilah bawang putih yang masih segar.

Kita sudah mengetahui begitu banyak manfaat dari Si Bawang Putih ini dan kita dapat menggunakan keampuhannya untuk membantu kesehatan kita.

Jadi ingatlah untuk memasukkan bawang putih dalam konsumsi diet sehat anda juga.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam memilih menu makanan sehat untuk anda dan keluarga.

Salam,
©2005 –Dr. Suririnah - Myonlinerecipe.com

Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Sehat & Tips Keluarga 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Posting Komentar

Jika ada artikel disini anda rasa bermanfaat atau berhasil, mari jalin silaturahmi dengan memberi berkomentar, thanks