Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan sumber gizi

Baca Juga:
manfaat buah mangga untuk kecantikan, buah-buahan yang bermanfaat

Mangga merupakan buah musiman yang banyak disukai orang. Baik mangga yang sudah matang maupun mangga muda, keduanya enak untuk dimakan. Mangga muda cocok untuk dibuat rujak sedangkan mangga matang bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Jenis mangga juga bervariasi, seperti mangga golek, mangga arumanis dan lain-lain. Mangga juga mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain buahnya yang enak dimakan, mangga juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti sebagai antioksidan, sebagai sumber vitamin C, mencegah stroke dan sumber energi. Berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan.

1. Sebagai antioksidan
Buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, mangga juga mengandung beta-karoten. Beta-karoten adalah zat yang nantinya diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan kandungan vitamin yang bersifat antioksidan, maka mangga dapat melindungi tubuh dari kanker.

2. Menurunkan risiko stroke
Mangga memiliki kandungan kalium yang dapat mengurangi risiko terkena stroke. Kalium adalah zat yang berfungsi untuk mengaktifkan kontraksi otot, meningkatkan keteraturan denyut jantung dan membantu tekanan darah. Mengonsumsi cukup kalium dapat membantu mengurangi efek dari natrium dalam meningkatkan tekanan darah dan dapat mengurangi risiko terkena stroke.

3. Memenuhi kebutuhan vitamin C
Selain bersifat antioksidan, vitamin C bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi beserta gusi. Vitamin ini juga memiliki fungsi memacu dan menjaga pembuluh-pembuluh kapiler. Vitamin C mampu menghambat natrosamin, suatu zat yang dapat memicu kanker. Vitamin C juga berperan dalam penyembuhan luka.

4. Sebagai sumber energi
Mangga mengandung gula sukrosa yang membuat mangga terasa manis. Dengan adanya kandungan gula, buah mangga merupakan sumber energi bagi tubuh. Meski kandungan gula dalam mangga tidak banyak, mangga dapat dikonsumsi sebagai tambahan energi. Mangga matang memiliki lebih banyak sukrosa daripada mangga muda, sehingga mangga matang memiliki energi tinggi bila dibandingkan dengan mangga muda.

Itulah manfaat mangga untuk kesehatan. Selain enak untuk dimakan, buah mangga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan memasukkan Email anda disini, setiap kali blog ini melakukan update maka otomatis akan terkirim ke alamat email anda, dan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Daftar Sekarang!

Email Anda:

(Langkah terakhir, cek Email anda lalu klik kode konfirmasi yang kami kirim untuk mengaktifkan pendaftaran anda)

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan sumber gizi 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.